t
Pada kesempatan yang lalu, aku sudah coba menulis tentang cara membuat akun email dengan domain sendiri dengan memakai co.cc. Cara yang aku coba kasih kemarin adalah cara yang ribet. Kita musti memasukkan berbagai macam pengaturan pada domain co.cc yang kita buat. Itu adalah satu kelemahannya. Sedangkan keuntungan yang didapat dari model pengaturan MX Record seperti kemarin adalah akun kita lebih cepat diferifikasi oleh google apps.

Tapi bagaimanapun juga, bagi yang gak mau repot pasti tetep aja ribet.
Nah..., ada cara yang lebih mudah nie. Pakai aja model domain forwarding.


1. Masuk ke akun co.cc kamu dan masuk ke bagian pengaturan. Kalau belum punya akun, daftar dulu.

2. Pilih nama domain yang pengen kamu pakai sebagai nama domain email kamu. Klik setup untuk memulai pengaturan.

3. Pilih nomer 3, yaitu URL Forwarding. Isi semua isian yang diperlukan. Dan yang terpenting, kamu musti memberi tanda centang pada Google Apps Email Setup. Sehingga muncul satu kolom lagi yang musti diisi, yaitu CNAME record ytang diberikan oleh Google Apps.

4. Tinggalkan sebentar setting pada co.cc ini, tapi jangan ditutup. Kita beralih pada Google Apps.

5. Lakukan pendaftaran. Pilih sebagai administrator, lalu masukkan nama domain co.cc kamu dan tekan aja enter. Kamu akan dibawa pada halaman pendaftaran. Isi semua syarat yang diminta lalu klik tombol Continue.

6. Sampailah kamu pada halaman pengaturan account Administrator untuk domain yang didaftarkan tersebut. Seperti biasa, isi semua isian ytang disyaratkan. Kamu musti menyetujui semua syarat yang diperlukan untuk memakai layanan Google Apps ini dengan klik tombol I accept. Continue with set up.

7. Akhirnya sampai deh pada halaman Dashboard Google Apps untuk domain kamu. Untuk selanjutnya halaman ini dapat Anda akses melalui alamat https://www.google.com/a/<nama_domain>. jangan klik macam-macam dulu, tapi ferifikasi dulu akun kamu, dengan klik pada link Verify domain ownership pada bagian kanan atas.

8. Sekarang kamu dibawa pada halaman verifikasi kepemilikan domain. pilih aja metode CNAME Record. Copy bagian nomer dua, seperti bag yang terseleksi pada gambar.

9. Kembali ke pengaturan domain co.cc kamu. Paste kan kode yang telah diberikan oleh Google Apps tadi pada kolom terakir dari pernyataan yang diberikan. Trus klik Setup. Selesai dah pengaturan co.cc nya.




10. Kembali ke Google Apps yang sempat kita tinggalkan. Klik Verify, maka kamu akan dibawa ke dashboard lagi. Pada dashboard, klik aktifkan email. Pada bagian ini, kamu cukup klik tombol I have completed these steps dan kamu akan dibawa kembali ke Dashboard Google Apps. mohon yang sabar, seperti yang aku bilang tadi, bahwa dengan memakai metode ini proses ferifikasi akan lebih lama.

11. Klik link email pada dashboard untuk melakukan pengaturan. Alamat web email yang standart adalah http://mail.google.com/a/<nama_domain>. Jika sudah merasa cukup dengan pengaturannya, klik aja klik Continue. Trus langsung klik tombol I’ve completed these steps pada halaman berikutnya.

Sekarang saatnya menunggu. Sekali lagi sabar…, seperti yang aku bilang tadi…..

Selamat mencoba….

Mungkin Kamu Mau Baca Ini:

0 yang bercuap

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :.(( B-) 0:: :v) OK* 0[] 0"* :b: v0^ 2;7 *

Post a Comment

Silakan tulis komentarkamu di sini. Mohon gak ada spam ya, karena kalau ketemu spam pasti aku hapus.
Untuk menghindari adanya broken link, sertakan pula http:// nya saat menulis alamat blog kamu.

Untuk memakai emoticon seperti diatas, cukup copy paste code yang ada disamping emoticon yang mau dipakai.