Kalau pada postingan yang lalu aku memberikan free email account dengan nama domain merpati-putih.co.cc, pada belajar internet kali ini aku mau mencoba ngasih tau cara membuat alamat email dengan nama domain kita sendiri. Tentunya tetep yang gratisan donk... Di sini kita memanfaatkan free domain dari co.cc, jadi kalau belum punya account di sana buruan daftar. Gratis ini.
OK untuk penggunaan account co.cc aku anggap udah pada punya, so gak perlu penjelasan lagi padahal gak ada yang jelas sama sekali. Untuk pengaturan yang harus dilakukan adalah seperti di bawah ini.



1. LOgin ke account co.cc kamu dan pilih domain yang akan di pakai sebagai domain email nantinya.

2. KLik Set Up dan untuk sementara biarkan saja

3. Masuk ke Google Apps. Edisi ini adalah edisi untuk pendidikan.
Pada halaman tersebut pilih Administrator: Saya memiliki atau mengontrol domain ini, lalu masukkan nama domain yang kamu peroleh dari co.cc dan klik Memulai
Pada halaman yang muncul, isikan semua informasi yang diperlukan. Yang perlu diperhatikan adalah bagian yang bertanda bintang harus diisi. Jika sudah yakin benar semua, klik Lanjut.

4. Saatnya membuat account untuk administrator.
Masukkan semua yang disyaratkan, seperti nama pengguna, sandi, dan yang terpenting adalah menyetujui semua peraturan yang disyaratkan sama Google.

Setelah menyetujui semua syarat yang diminta, kamu akan dibawa pada halaman panel kontrol. Untuk selanjutnya, halaman panel kontrol ini bisa diakses melalui https://www.google.com/a/. Misal untuk domain hidupbelajar.co.cc, maka alamatnya menjadi https://www.google.com/a/hidupbelajar.co.cc.

5. Lakukan pengaturan pada account Google Apps kamu. Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah melakukan verifikasi terhadap kepemilikan domain. Ini bisa dilakukan dengan klik tulisan Verifikasi kepemilikan domain, yang berada di pojok kanan atas.

6. Pilih penggunaan CNAME record untuk memverifikasi domain kamu. Di sini kamu akan diberi petunjuk untuk melakukan verifikasi dengan metode tersebut. Yang terpenting adalah poin ke dua dan ke tiga. Poin dua masukkan pada host dan poin tiga pada value. Ingat jangan klik Verifikasi dulu sebelum kamu memasukkan pengaturan itu pada account co.cc kamu.

7. Kita beralih ke halaman set up domain Co.cc tanpa menutup halaman panel kontrol pada Google Apps. Untuk penggunaan ini kita klik pilihan 2 yaitu Zone Records. Kamu masukkan data yang diberikan Google seperti yang aku bilang pada nomer enam diatas.

Jangan lupa untuk klik Add Record untuk menyimpan settingan kamu.

8. Kembali ke halaman panel kontrol pada Google Apps. Sekarang kamu bisa klik tombol Verifikasi. Maka kita akan kembali kehalaman Dashboard dan mendapat informasi bahwa sedang dilakukan pengecekan kepemilikan domain dan ini dapat memakan waktu sampai 48 jam. Berdasarkan pengalaman, kita gak usah menunggu selama itu untuk melakukan verifikasi. Sambil menunggu, kita lanjutkan langkah yang dapat dilakukan berikutnya yaitu aktivasi email dengan mengklik link Activate email pada bagian Pengaturan Layanan di Dashboard.

9. Di sini kita diberi pengarahan untuk membuat MX record untuk domain kita. Di sini ada prioritas yang harus dimasukkan. Jadi, ada baiknya kita mengikuti saja apa yang diberikan oleh Google. Jangan klik tombol apapun dulu, tapi kita musti beralih ke Co.cc.

10. Pada halaman pengaturan domain, kita akan menambahkan MX record dan prioritasnya sesuai yang diberikan oleh Google di atas. Untuk masing-masing record caranya sama. Untuk Host, masukan nama domain kamu. MIsalnya hidupbelajar.co.cc.Untuk Type/Pri pilih MX dan Priority diisi sesuai yang diberikan Google di atas, misalnya 10. Untuk Value masukkan MX server address-nya, misalnya ASPMX.L.GOOGLE.COM. Kemudian klik tombol Add Record. Lakukan hal yang sama untuk record-record yang lain sampai selesai. Jika sudah kembali ke halaman Google Apps dan klik tombol Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, maka kamu akan dibawa kembali ke halaman dashboard.

11. Selanjutnya, pada Dasboard bagian Pengaturan Layanan, klik pada link Email. Pada halaman berikutnya, klik link Ubah URL. Pada halaman berikutnya, Anda dapat memilih untuk mengubah alamat akses email yang mungkin akan memudahkan pengguna mengingat alamat login ke email. Di sini misalnya untuk domain hidupbelajar.co.cc, dibuat menjadi http://mail.hidupbelajar.co.cc, lalu klik lanjut.
Maka, kamu akan dibawa pada halaman pengaturan lagi oleh Google. Disana kamu akan mendapat petunjuk untuk menambahkan CNAME record untuk pengalamatan akses email tersebut. Yang terpenting adalah poin tiga dan empat. Jangan klik apapun, sementara kita beralih ke pengaturan co.cc

12. Untuk Host masukkan mail. Maka, secara otomatis akan ada tambahan .nama domain kamu. misal untuk hidupbelajar.co.cc, hostnya adalah mail.hidupbelajar.co.cc. TTL diisi dengan 1D dan Value ghs.google.com. Jika sudah kembali ke halaman Google Apps dan klik tombol Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut.
Semua langkah telah selesai. Pada dashboard google apps, bagian email tertulis sedang updating. Tunggu aja, atau bisa kamu tinggal, sebab bisa memakan waktu lebih dari satu jam.

Untuk mencoba layanan email ini, kamu bisa masuk ke http://mail.(nama domain)

Mungkin Kamu Mau Baca Ini:

2 yang bercuap

Anonymous said...

mau tanya mas...saya blog sya dengan co.cc udah aktif tp saya blm tau caranya untuk membuat imel dengan nama@namdomain.co.cc kira-kira kalo saya bikin alamat imel dg nama saya sendiri berpengaruh gak sama account domain saya, soalnya wktu saya coba dan masuk zone record dan saya set up trus saya check di manage domain...eh malah dns servernya dua-duanya kosong...tadinya kan ada ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com...ya udah krn takut blog saya ilang...saya gak jadi deh...tolong penjelasannya mas...maklum masih belajar..thx..

Anonymous said...

@thedemeet, bisa lihat di blog saya yang memakai WP, di http://www.nur-alif.co.cc/2008/08/cocc-untuk-domain-email/

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :.(( B-) 0:: :v) OK* 0[] 0"* :b: v0^ 2;7 *

Post a Comment

Silakan tulis komentarkamu di sini. Mohon gak ada spam ya, karena kalau ketemu spam pasti aku hapus.
Untuk menghindari adanya broken link, sertakan pula http:// nya saat menulis alamat blog kamu.

Untuk memakai emoticon seperti diatas, cukup copy paste code yang ada disamping emoticon yang mau dipakai.